Senin, 21 Desember 2009

Browser Operamini Terbaru Untuk Handphone


Browser Handphone Terbaru dari Opera
Baru beberapa saat yang lalu saya mendapatkan informasi bahwa Opera telah mengeluarkan browser untuk mobile phone versi terbaru, yakni Opera Mini 5. Langsung saja saya mencari informasinya dan mendownload serta mencoba browser terbaru ini. Seperti yang sudah diketahui, browser khusus untuk handphone ini terkenal tangguh untuk menjelajah dunia maya melalui ponsel Anda dengan kecepatan akses yang lebih cepat dibanding browser bawaan ponsel Anda.
Informasi yang saya dapatkan dari official websitenya, Opera Mini 5 hadir dengan berbagai fitur baru dari versi sebelumnya. Versi yang ada dan banyak digunakan saat ini adalah versi 4.2. Setelah mendapatkan file instalasinya (JAR), langsung saja saya instal di handphone. Ponsel yang saya gunakan adalah Sony Ericsson (java phone) dengan ukuran file instalasi sebesar 221KByte. Opera Mini 5 dapat di instal pada ponsel-ponsel yang mendukung java, baik ponsel touchscreen maupun keypad, dan juga untuk blackberry.
Setelah proses instalasi selesai, saya cukup kagum juga dengan perubahan yang ada dibanding versi sebelumnya. Start page yang berbeda dan juga menu-menu yang berbeda. Secara visual, terjadi perubahan besar pada interface browser terbaru ini. Hampir mirip dengan Opera Mobile 9 untuk Windows Mobile (smartphone dan PDA).
Berharap lebih banyak fitur-fitur baru serta teknologi baru yang di usung browser ini, namun sedikit kecewa karena browser ini belum juga mendukung Flash player (flash lite) dan Javascript. Sedikit tertinggal dengan browser bawaan Nokia terbaru, yang telah mendukung flash player dan javascript. Fitur flash player dan javascript ini bisa digunakan untuk menonton video secara streaming dari youtube atau situs-situs lain yang banyak menggunakan javascript.
Oke, langsung saja akan saya sebutkan fitur-fitur baru yang terdapat pada Opera Mini 5 (beta version) :
1. Desain Interface
Perubahan besar nampak pada interface browser ini, dengan warna dominan hitam dan tata letak menu yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya, dengan icon-icon yang lebih menarik.
2. Tab Browsing
Fitur paling baru dan paling menonjol dari browser terbaru ini. Jadi Anda dapat membuka beberapa situs sekaligus (hingga 5 tab), dan dapat berpindah dari satu tab ke tab yang lain dengan mudah. Fitur ini tidak tersedia pada browser versi 4.2.
3. Speed Dial
Fitur ini memang sudah ada pada Opera Mini 4.2, namun memang hanya berbentuk daftar tulisan dari halaman situs yang Anda simpan. Pada versi terbaru, fitur ini lebih disempurnakan dengan bentuk persis seperti speed dial opera browser untuk komputer Anda. Dengan jumlah speed dial 9 buah dan terdapat preview untuk masing-masing speed dial. Namun yang jadi masalah, ketika sudah ditentukan speed dialnya, maka Anda tidak dapat mengeditnya kembali, mungkin karena masih versi beta kali ya.
4. Password Manager
Fitur ini digunakan untuk menyimpan berbagai password yang Anda pakai di setiap situs ketika Anda login. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu melakukan login lagi jika mengunjungi situs-situs tertentu. Contohnya ketika Anda mengunjungi facebook, cukup sekali melakukan login, dan untuk seterusnya tidak perlu melakukan login. Anda juga dapat menghapus berbagai password yang tersimpan pada menu setting.
5. Menu Navigasi
Secara default, menu navigasi ini tidak akan terlihat (hidden), dan akan muncul ketika Anda menekan tombol menu. Dari menu navigasi ini, Anda dapat menuju start page (speed dial), next dan previous windows, reload (refresh) dan exit opera mini. Menu-menu tersebut diwakili oleh icon-icon yang cukup apik.
6. Touch & Keypad
Opera Mini 5 telah mendukung fitur touch navigation pada handphone berbasis touchscreen. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melakukan scrolling halaman dan menuliskan teks dengan layar sentuh.
Berikut adalah screenshoot Opera Mini 5 (beta version)
Meskipun masih versi beta, secara keseluruhan browser ini patut diacungi jempol. Kecepatan akses yang lebih baik dibanding versi sebelumnya dan juga cukup jauh jika dibandingkan dengan browser bawaan handphone Anda. Namun sayangnya dukungan akan flash player dan javascript belum tersedia, semoga saja versi finalnya sudah mendukung fitur ini.
Sudah saatnya Anda beralih menggunakan browser yang satu ini, bagi yang sudah menggunakan Opera Mini versi 3.1 dan 4.1 tidak ada salahnya menggantinya dengan Opera Mini versi 5. Gak nyesel deh....
2 jempol untuk Opera Mini 5....recommended banget..
Anda dapat mendownload langsung dari handphone dengan meng-klik alamat
ini

Sumber :
blogpintar.com

Tidak ada komentar: